Page 11 - InsideTax Edisi 14th (Menggali Ke(tidak)patuhan Pajak)
P. 11

insideheadline


               pemerintah  tidak  maksimal,
               penerapan  law  enforcement     Struktur penerimaan pajak di Indonesia
               berupa   peningkatan  risiko    masih banyak ditopang oleh Pajak
               pemeriksaan    dan   sanksi     Penghasilan, terutama Pajak Penghasilan
               dapat membuat Wajib Pajak
               menganggap     hubungannya      badan.
               dengan     otoritas   pajak
               adalah   hubungan    antara  Rasio  ini  jelas  masih  relatif  rendah   Lalu mengapa kedua hal tersebut
               “polisi dengan  perampok”.  jika dibandingkan dengan rata-      tidak secara otomatis meningkatkan
               Kondisi inilah yang akan  rata dunia ataupun negara-negara  rasio penerimaan pajak di Indonesia?
               mempermudah berkurangnya  OECD (keduanya sekitar 14%).  Selain akibat masih banyaknya
               kepatuhan Wajib Pajak.       Terlepas dari perdebatan mengenai  sektor-sektor  yang  sulit  untuk
                                    35
             •  Selama  kekuatan   otoritas  cara perhitungan  tax ratio tersebut,   dipajaki (sektor informal,  black
               pajak dapat mencerminkan  Indonesia  masih  dapat  dianggap  market,  UKM,  dan  sebagainya),
               suatu fairness terhadap Wajib  dalam kondisi undertaxing.   38  tingkat kepatuhan Wajib Pajak juga
               Pajak, hal tersebut tidak akan   Lebih  lanjut  lagi,  struktur  masih lemah.
               dianggap  negatif  oleh  Wajib   penerimaan pajak di Indonesia     Ditinjau  dari  jumlah   basis
               Pajak.  Otoritas  pajak  yang  masih banyak ditopang oleh Pajak   pajak, hingga tahun 2011 terdapat
               menggunakan       kekuasaan  Penghasilan,    terutama    Pajak  19.913.904 Wajib Pajak orang
               mereka dengan cara yang fair   Penghasilan badan. Pada tahun 2010  pribadi, 1.942.811 Wajib Pajak
               justru  akan   meningkatkan  saja, penerimaan  Pajak Penghasilan  badan, dan 507.844 Wajib Pajak
               voluntary compliance.        badan    memberikan     kontribusi  bendahara di Indonesia.  Dari
                                   36
                                                                                                        40
                                            sekitar 45% dari total penerimaan  jumlah tersebut, hanya terdapat
            Pada bagian selanjutnya, akan  pajak, jauh di atas penerimaan  17.694.317       Wajib   Pajak   yang
          dibahas   bagaimana   perspektif-  Pajak  Penghasilan  pribadi  yang   melaporkan Surat Pemberitahuan
          perspektif tersebut sesuai dengan  hanya sekitar 12%. Struktur ini jauh  atau   tax  return  (selanjutnya:
          konteks situasi ke(tidak)patuhan di  berbeda jika diperbandingkan dengan  SPT), atau tidak sampai seperlima
          Indonesia.                        rata-rata rasio Pajak Penghasilan  dari angkatan kerja di Indonesia
                                            pribadi terhadap badan di Negara-  yang  jumlahnya  sekitar  117  juta
          3.  Ke(tidak)patuhan Pajak di  Negara OECD, yang sebesar 5:1  jiwa. Jumlah ini telah mengalami
             Indonesia                      (artinya, Pajak Penghasilan  pribadi  peningkatan drastis selama periode
                                            memiliki jumlah sebesar kurang lebih  2008-2009,  terutama   dengan
            Sebelum memahami lebih jauh     lima kali lipat dari Pajak Penghasilan   adanya kebijakan sunset policy yang
          mengenai ke(tidak)patuhan pajak   badan). 39                         dapat  disebut  sebagai  kebijakan
                                                                                               41
          di Indonesia, ada baiknya terdapat   Rendahnya    rasio  penerimaan  semi-tax amnesty.
          suatu pemahaman awal mengenai     pajak  pada  dasarnya  tidak  sesuai   Walau jumlah Wajib Pajak telah
          situasi perpajakan di Indonesia.   dengan pertumbuhan populasi dan  meningkat, namun hal tersebut
          Secara  singkat,  Indonesia  masih   angkatan kerja (yang berarti adanya  tidak  mengindikasikan  suatu
          berkutat   pada     permasalahan  peningkatan jumlah basis pajak) serta   kepatuhan pajak yang membaik.
          rendahnya penerimaan perpajakan.   pertumbuhan ekonomi yang sejak  Selama tiga tahun terakhir, rasio
          Hal ini dapat dilihat dari rendahnya   tahun  2007 selalu  berada di atas  kepatuhan penyampaian  SPT  PPh
          rasio  pajak  terhadap  PDB  (tax   6%  per  tahun  (kecuali  pada  tahun  atau  kepatuhan  secara  formal
          ratio) yang berada pada kisaran 11   2009, sebesar 4,6%). Pertumbuhan   hanya berkisar antara 53-58% saja
          hingga 12.3% selama 2009-2012.     ekonomi   juga  dapat   dijadikan  (lihat Gambar 3). Itupun belum
                                         37
                                            indikasi adanya gairah aktivitas  mengkalkulasi jumlah Wajib Pajak
                                            ekonomi, yang secara sederhana  yang telah menyampaikan SPT,
          35  Katharina Gangl, Eva B. Hofmann, dan Eric Kirchler, “Tax   dapat diartikan sebagai semakin  namun dengan informasi penghasilan
          Authorities’ Interaction with Taxpayers: Compliance by Power   tingginya  pendapatan  perkapita  dan pajak yang tidak benar (tidak
          and Trust,” WU International Taxation Research Paper Series No.   sehingga potensi penerimaan pajak  patuh secara materiil). 42
          2012 – 06, (Maret, 2012). Dapat diakses pada: http://ssrn.com/
          abstract=2174917.                 juga membesar.                        Lalu  bagaimana  cara  memahami
          36  Richard Lavoie, “Cultivating a Compliance Culture: An
          Alternative Approach for Addressing the Tax Gap,” Legal Studies
          Research Paper Series No. 08-05, (September, 2008), 67-78. Dapat   38  Komentar Wakil Presiden Boediono dalam pidato   40  Data tahun 2012 belum tersedia secara resmi.
          diakses pada: http://ssrn.com/abstract=1275389.  pembukaan acara Indonesia Summit Economist Conference,   41  Sunset policy merupakan fasilitas penghapusan sanksi Pajak
          37  Tax ratio ini diukur dengan cara membagi penerimaan   Februari 2013. Lihat Kompas, “Wapres: Rasio Pajak RI Terendah di   Penghasilan pribadi atau badan berupa bunga atas kekurangan
          pajak dengan PDB harga berlaku. Penerimaan pajak di sini   Asia”, 28 Februari, 2013.  pembayaran pajak yang dapat dinikmati oleh masyarakat baik
          hanyalah mengacu pada penerimaan pajak pusat, tanpa   39  Padahal, pada umumnya Pajak Penghasilan badan justru   yang belum memiliki NPWP maupun yang telah memiliki NPWP
          memperhitungkan pajak daerah dan penerimaan SDA. Jika   kurang bersahabat terhadap pertumbuhan jika dibandingkan   pada tanggal1 Januari 2008.
          kedua item ini diperhitungkan, maka tax ratio Indonesia berkisar   dengan Pajak Penghasilan pribadi. Hal ini dikarenakan sifatnya   42  Ketidakpatuhan pajak sulit untuk diukur, terutama karena
          antara 14.1 hingga 15.8% selama periode yang sama (jauh lebih   yang membatasi ekspansi aktivitas ekonomi perusahaan.   individu seringkali melakukan upaya yang substansial untuk
          besar). Lihat Republik Indonesia, Nota Keuangan dan Rancangan   Lihat Jens Arnold. “Improving the Tax System in Indonesia”   menyembunyikan aktivitas penggelapan mereka. Lihat James
          Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara: Tahun Anggaran   OECD Economics Department Working Papers, No. 998, OECD   Andreoni, Brian Erard dan Jonathan Feinstein, “Tax Compliance”
          2013, 3-3.                        Publishing, 2012. http://dx.doi.org/10.1787/5k912j3r2qmr-en.  Journal of Economic Literature Vol. 36, No. 2, (Juni, 1998), 836.
                                                                                             Inside Tax | Edisi 14 | Maret 2013  11
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16