Page 8 - InsideTax Edisi 16th (Desain Kelembagaan: Perlukah Ditjen Pajak Terpisah dari Kemenkeu?)
P. 8

insideheadline

                                                                                  (iii)  8QLÀHG   VHPL DXWRQRPRXV
                                                                                       body,  di mana seluruh fungsi
                                                                                       administrasi    perpajakan
                   Gambar 1 - Otonomi Pada Struktur Pemerintahan                       (termasuk   juga    fungsi
                                                                                       pendukung) merupakan tugas
                                                                                       badan  tertentu.  Pimpinan
      Departemen   Otoritas Pajak  Lembaga Otonom  Badan Usaha  Privatisasi            badan tersebut memberikan
       Tradisional  Semi Otonom  & Badan Pengawas  Milik Negara                        laporan secara berkala kepada
                      (SARA)                                                           Menteri yang ditunjuk.
                                                                                  (iv)  8QLÀHG   VHPL DXWRQRPRXV
                                                                                       body with board. Sama dengan
               Sumber: William Crandall, "Revenue Administration: Autonomy in Tax Administration   XQLÀHG   VHPL DXWRQRPRXV
                        and the Revenue Authority Model," IMF, (Juni 2010): 4.         body,   namun      dengan
                                                                                       perbedaan  bahwa    badan
                                                                                       tersebut dipimpin oleh majelis/
                                                                                       dewan.
                                                                                  Keempat variasi tersebut dapat
                        12
          pajak disarankan  termasuk membuat  penggajian, pengangkatan, pelatihan,
          lembaga otoritas pajak menjadi sebuah  hingga  merumuskan  kode  etik  disederhanakan hanya menjadi dua
          lembaga yang lebih otonom dengan   internalnya. 13                   tipe: otoritas pajak yang berada
          menjalankan  sistem   administrasi                                   di   bawah    struktur  organisasi
          pajaknya secara profesional seperti                                  Kementerian Keuangan dan otoritas
                                                                               pajak yang memiliki otonomi yang
          layaknya perusahaan.              3. Jenis Kelembagaan               lebih luas. Perbedaan antara keduanya
                                               Administrasi Perpajakan
            Perubahan ini tidaklah mudah.                                      dapat dilihat dari suatu spektrum
          Menurut Jenkins, halangan utama      Lalu, bagaimana bentuk ideal    yang memperlihatkan derajat kontrol
                                                                               pemerintah
                                                                                                            jenis
                                                                                            dalam
                                                                                                    setiap
          dari perubahan suatu administrasi  modernisasi kelembagaan administrasi   lembaga pemerintahan nasional pada
          perpajakan terletak pada kedudukannya  perpajakan? Sebelum lebih jauh   Gambar 1.
          sebagai bagian tidak terpisahkan dari  mengkaji hal tersebut, penting untuk
          pelayanan publik secara umum. Hal  mengetahui terlebih dahulu variasi   Pada Gambar 1, dapat dilihat
          ini menciptakan situasi rendahnya  kerangka kelembagaan administrasi   semakin besarnya derajat sifat otonom
          tingkat upah, kualifikasi staf yang  pajak yang secara umum sudah dikenal.   masing-masing kerangka kelembagaan
          lemah, pengangkatan staf atau pejabat  Ditinjau dari derajat hubungan otoritas   yang  berjalan  seiring  dengan
          tergantung dari kedekatan politik,  pajak dengan Kementerian Keuangan   berkurangnya intervensi pemerintah.
          dan sebagainya. Seluruh hal tersebut  (atau organisasi terkait lainnya yang   Otoritas pajak di berbagai negara
          menciptakan rendahnya kepatuhan  mengurus segala sesuatu tentang     pada umumnya hanya berada di area
          pajak. Oleh karena itu, otoritas pajak  sektor fiskal dan kebijakan ekonomi),   departemen  tradisional  (misalkan
          harus   direstrukturisasi  sehingga  terdapat empat variasi utama kerangka   Prancis, Kamboja, Indonesia, dan
          mendapatkan suatu kemandirian yang  kelembagaan. Keempat variasi ini   sebagainya) dan otoritas pajak yang
          hampir serupa dengan bank sentral.  merefleksikan perbedaan mendasar
                                            mengenai struktur politik maupun   semi-otonom    (misalkan   Kenya,
                                                                               Hong Kong, Amerika Serikat, dan
            Usulan atas perubahan kerangka  sistem administrasi publik di berbagai   sebagainya).  Sedangkan  bank
          kelembagaan   administrasi  yang  negara. Keempat variasi tersebut   sentral, badan usaha milik negara,
          baik paling tidak, harus memiliki  adalah: 14                        dan lembaga yang telah diprivatisasi
          karakteristik sebagai berikut. Pertama,
          memiliki  independensi  keuangan,    (i)   Single directorate in ministry   memiliki  derajat  kemandirian
          artinya lembaga/badan baru tersebut       RI  ÀQDQFH   Unit (direktorat)   (otonomi) yang lebih besar dan tidak
                                                                               ada satupun otoritas pajak yang
          dapat mengalokasikan anggaran yang        tunggal  yang  berada  di
          sesuai, yang mana sebagian anggaran       bawah struktur Kementerian   berada dalam karakterisasi tersebut.
          tersebut dapat dipergunakan untuk         Keuangan.                  Otoritas pajak harus tetap menjadi
          insentif atau perbaikan teknologi    (ii) Multiple   directorates   in   semi-otonom karena kekuasaan dan
          informasi.  Kedua,  lembaga/badan         PLQLVWU\  RI  ÀQDQFH   Lebih   kewenangan dari otoritas pajak tidak
                                                                               dapat dipisahkan dari kontrol dan
          baru tersebut diberikan kewenangan        dari satu unit (direktorat)
          administratif yang otonom serta           yang berada di bawah struktur   akuntabilitas pemerintah yang terpilih.
          dapat merumuskan kebijakan dan            Kementerian Keuangan.      Sehingga otoritas pajak tersebut akan
          tujuan  administrasinya.  Terakhir,                                  selalu menjadi institusi publik.
          lembaga/badan baru tersebut harus                                       SARA adalah terminologi yang
          bertanggung jawab untuk mengelola   13   Jenkins, Glen P., “Modernization of Tax
                                            Administrations: Revenue Boards and Privatization
          sumber daya manusia secara internal.   as Instruments for Change,” Bulletin for International   merujuk kepada kerangka kelembagaan
          Hal ini dapat dilakukan lewat sistem   Taxation (1994): 76.          dan tata kelola pemerintahan bagi
                                            14  OECD, Tax Administration 2013: Comparative   organisasi  yang  terlibat  dalam
                                            Information on OECD and Other Advanced and Emerging   administrasi penerimaan, di mana
          12   Rosario G. Manasan, Op.Cit.  Economies (Paris: OECD Publishing, 2013), 25.
      8   InsideTax | Edisi 16 | Juli-Agustus 2013
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13