Page 9 - InsideTax Edisi 19th (Platform Pajak Di Tahun Politik 2014)
P. 9

insideheadline












































        cenderung meminimumkan potensi         3.  Aktor dan  Interaksi dalam     Lalu, siapa sajakah yang dimaksud
        kehilangan dukungan atau biaya politik  Perumusan Kebijakan Pajak       sebagai aktor?
        (political cost) dan erat kaitannya                                       Aktor utama dalam perumusan
        dengan  penggunaan berbagai  basis     3.1. Aktor                       kebijakan  pajak  adalah   politisi,
        pajak. 17                              Perumusan    suatu    kebijakan  partai  politik, kandidat presiden  dan
           Kesimpulannya, model probabilistic  pajak akan menciptakan kelompok  legislatif, serta seluruh komponen yang
        voting merupakan pintu masuk kerangka  kepentingan atas kebijakan tersebut.  dikelompokkan sebagai  perpanjangan
        keterkaitan antara pentingnya platform  Kelompok  kepentingan  adalah   organisasi   politik.  Keberadaan
        kebijakan pajak yang dimiliki organisasi  sekelompok individu yang  secara  politisi pada  hakikatnya mewakili
        politik dan bagaimana  interaksinya  kolektif memiliki kepentingan yang  kepentingan kelompok mereka dalam
        dengan konstituen  (yang juga diwakili  sama.  Sedangkan,   pemangku    menentukan  kebijakan pajak. Politisi
        oleh aktor lainnya). Kebijakan pajak  kepentingan (stakeholders) atau aktor  yang tergabung dalam organisasi
        dalam sistem  demokrasi  terbentuk  merupakan bagian  dari kelompok  politik akan menjalankan kepentingan
        dari interaksi antara aktor-aktor yang  kepentingan.  Secara sepintas,  kita  kelompoknya secara terus menerus,
        mempunyai peranan  besar  dalam  dapat menyebutkan bahwa aktor akan  untuk       memengaruhi     kebijakan
        penentuan kebijakan pajak, baik dalam  selalu berusaha menekan para pembuat  dan administrasi perpajakan. Hal
        skala  nasional  (domestik) maupun  kebijakan. Penting untuk dicatat bahwa  ini dilakukan melalui pendekatan,
        dalam skala internasional. 18       tidak semua aktor dapat menekan para  baik  secara  langsung  maupun  tidak
                                            pembuat kebijakan.  Pertama,  aktor  langsung,  selama  berada  dalam
                                            tersebut belum tentu terorganisasi  yurisdiksi politisi. 20
                                            dengan baik, misalkan  karena lebih
        17 Walter Hettich  dan Stanley L.  Winer,   bersikap pasif dan menjadi penumpang   Selain organisasi politik, Wajib
        Democratic Choice and Taxation: A Theoretical   gelap (free rider) dari arus utama   Pajak  juga  salah  satu  aktor  yang
        and Empirical Analysis  (New York:  Cambridge
        University Press, 1999), seperti dikutip oleh  opini publik. Kedua, bisa jadi sebagian
        Stanley L. Winner, Lawrence W. Kenny, dan  masyarakat yang menentang adanya   of  Benefits and Costs of  Reform,”  Paper
        Walter Hetich, “Political Regimes, Institutions,   perubahan  kebijakan  justru berada   prepared for the GDN Global Research Project:
        and the Nature of Tax Systems,” dalam The Elgar   di luar aktor yang berperan langsung   Understanding Reform, (Agustus, 2003): 4 – 5.
        Guide to Tax Systems, ed. Emilio Albi dan Jorge                         20 Mick  Moore, “Obstacles to Increasing Tax
        Martinez-Vazquez (Massachusetts: Edward Elgar  dalam kebijakan. 19      Revenues in Low Income Countries,”  ICTD
        Publishing, 2011), 379.                                                 Working Paper  No. 15 (2013):  22. Khusus
        18 Michael L. Ross,  Does Taxation Lead                                 mengenai  yurisdiksi politisi, dapat  diartikan
        to Representation  (Cambridge: Cambridge   19 Jan Fidrmuc  dan Abdul G. Noury, “Interest   sebagai daerah kekuasaan, lingkungan hak dan
        University Pres, 2004), 229-249.    Groups, Stakeholders,  and the  Distribution   kewajiban, atau kewenangan dari politisi.

                                                                                     InsideTax|Edisi 19|Tahun 2014  9
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14