Page 9 - InsideTax Edisi 21st (Capres: Menuju Tax Ratio 16 Persen)
P. 9

insideheadline


                 3
        Bräutigam , state building seharusnya
        dapat   diartikan  sebagai  proses
        peningkatan kapasitas administrasi,
        fiskal, dan kelembagaan dari pemerintah                 Kotak 1 - Tax Ratio di Indonesia
        untuk berinteraksi secara konstruktif
        dengan warganya sekaligus mencapai
                                                       Rasio penerimaan perpajakan terhadap produk domestik bruto/
        tujuan umum (public  goals)  secara         PDB (tax ratio) Indonesia tahun 2009 s.d 2012 berkisar antara 11%-
        lebih  efektif.  Pentingnya  peningkatan    12,3%. Besarnya penerimaan perpajakan dalam perhitungan  tax
        kapasitas fiskal sendiri merupakan hal      ratio tersebut sesungguhnya hanya memperhitungkan  penerimaan
        yang kompleks karena menyertakan            perpajakan yang  dipungut oleh  Pemerintah pusat, tidak termasuk
        telaah mengenai bagaimana suatu             penerimaan pajak daerah dan SDA migas atau disebut perhitungan tax
        negara membiayai pembangunannya.            ratio dalam arti sempit.
           Dari   sisi  penerimaan,  pajak             Jika penerimaan pajak daerah dan SDA migas dimasukkan dalam
        memainkan    peran  utama   dalam           perhitungan tax ratio, maka tax ratio Indonesia tahun 2009 s.d 2012
        membangun       dan      menopang           menjadi lebih tinggi, yaitu berkisar antara 14,1%-15,8%. Perhitungan
        keberlangsungan suatu negara.  Peran        tax ratio yang memasukkan penerimaan pajak daerah dan SDA migas
                                                    merupakan tax ratio  dalam arti yang lebih luas. Perkembangan tax
        state building dalam area pajak dapat       ratio Indonesia tahun 2009—2012 dapat dilihat dalam gambar di
        terlihat pada dua bidang utama, yaitu       bawah ini.
        membangun  suatu kontrak sosial
        dengan masyarakat berdasarkan daya
        tawar  pajak  yang  telah  masyarakat       Perkembangan Tax Ratio Indonesia Tahun 2009 s.d 2012
        bayarkan kepada negara sehingga
        dapat menumbuhkan keterwakilan                                               15,2          15,8
        masyarakat     dalam     demokrasi               14,1          14,4
        (representative democracy), kemudian         % terhadap PDB                  11,8          12,3
        pajak menjadi sumber penerimaan                   11           11,3
        utama dalam pembangunan yang dapat
        memperkuat kapasitas negara. 4
           Adanya perhatian khusus mengenai
        area pajak oleh kedua pasang capres–                           Arti sempit     Arti luas
        cawapres tersebut memperlihatkan                  2009         2010           2011         2012
        pemahaman  bahwa  keleluasaan  fiskal                 Sumber:  Nota Keuangan RAPBN 2013 - Kementerian Keuangan
        semakin terbatas. Sumber penerimaan
        dari pajak adalah harapan utama                Gambar di atas  menunjukkan  tax  ratio  dari tahun 2009-2012
        dapat   berjalannya  agenda-agenda          mengalami kenaikan tiap tahunnya. Namun, sejak Pajak Bumi dan
        yang mereka susun. Terlebih, karena         Bangunan sektor Perdesaan  dan  Perkotaan  (PBB-P2) dan  Bea
        keduanya sama-sama bertekad untuk           Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) telah menjadi
        menurunkan  rasio utang terhadap            bagian dari pajak yang dipungut oleh  pemerintah daerah ada
        PDB. Dengan target  tax ratio yang          kecenderungan terjadi potensi penurunan  tax ratio Indonesia dalam
        sama,  yaitu sebesar 16%,  kedua            arti sempit sekitar 0,5%.
        pasangan  sejatinya telah  memahami
        pentingnya    penerimaan     pajak
        sebagai  tulang punggung  operasional
        pemerintah. Angka itu sekaligus sudah
        mengindikasikan nilai yang dirasa juga  Platform Pajak                  tahun terakhir hanya  berkisar antara
        mampu menutupi  besaran belanja        Persoalan berikutnya terletak pada   11%  sampai  dengan  13%  dan  hanya
        sekaligus menjaga defisit anggaran.   bagaimana cara untuk mencapai target   dua kali mampu mencapai target
        Sementara di lain sisi, rakyat juga harus   tersebut.  Masing-masing  kandidat  yaitu pada tahun 2004 dan 2008.
        siap untuk menyumbang lebih banyak   memiliki platform atau  agenda  yang   Tax  ratio  bukanlah  satu-satunya
        kepada  negara  untuk mengokokohkan   sedikit berbeda.  Seberapa  feasible   indikator yang  sahih  dalam  mengukur
        kemandirian  fiskal  dalam  upaya   agenda  kedua pasangan  tersebut    kinerja pajak,  namun paling  tidak
        memperkuat negara.                  sejatinya tidak dapat dilepaskan dari   memberikan  suatu gambaran umum
                                            apa  yang  menjadi  muara persoalan   atas kondisi perpajakan kita. Beberapa
                                            pajak  di Indonesia  atau jawaban   hal dianggap  menjadi penyebab rapor
        3 Deborah Bräutigam, “Introduction: taxation and state-  mengenai faktor-faktor apa  yang   buruk tersebut, mulai dari tekanan
        building in developing countries,” dalam  Taxation and   menjadi  penghambat  atau  pendukung   perekonomian  global,  ketentuan  pajak
        State-Building  in Developing Countries, ed. Deborah                    yang   multi-interpretasi,  tingginya
        Bräutigam, Odd-Helge Fjeldstad, dan Mick Moore (New  peningkatan penerimaan pajak.
        York: Cambridge University Press, 2008), hlm. 2.                        shadow economy, hingga korupsi pajak.
        4 Ibid., 1.                            Tax ratio kita selama sepuluh
                                                                                           InsideTax | Edisi 21 | Juli 2014 9
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14