Page 10 - InsideTax Edisi 27th (hi-TAXnology)
P. 10

insideheadline


                 Tabel 1 - Perbandingan Anggaran Gaji Pegawai dan Anggaran IT di Beberapa Negara

                                            Persentase Besaran Anggaran Gaji dan IT dari Total Anggaran
                  Negara               Anggaran Gaji Pegawai (%)                   Anggaran IT (%)
                                2007    2008    2009    2010    2011    2007    2008    2009    2010    2011
            Amerika Serikat      71,5   70,4     71,5    71,6   72,9     15,1   15,8    14,9    15,4     15
            Argentina            94,2    94,7   95,3    95,8    96,9     1,5     1,1     0,7    0,6     0,8
            Australia            71,3    59,6   62,3     62,1    63,1    19,5   21,7    22,9    21,7    21,5
            Belanda              64     65,5     67,1   70,6     72     24,7     19,1    18,1   16,2    14,2
            Belgia               81,7    81,9    81,7   82,9     81,4    7,7     8,4     7,8     6,4     6,1
            Bulgaria             76      76,6    85,1    81,7   80,6     t.a     1,9     t.a    0,6      2,4
            Cyprus               t.a     71      78,1    81,4    81,8    t.a     t.a     t.a     2,3     3
            Finlandia            65,2    64,9   64,4    65,6    64,5    21,4    18,3     20      t.a    27,5
            Indonesia            t.a     31,7    37,3    65     50,5     t.a     t.a     t.a     4,2     1,5
            Inggris              61,2   58,8    55,2    54,4     57,1    t.a    23,3    21,2    20,3    22,8
            Islandia             t.a     53,6   52,7    65,6    69,4     t.a    29,8    30,4    16,4    16,8
            Jepang               81,1   80,7    80,8    80,5    80,7     8,5     8,1     8,3     8,5     8,6
            Jerman               83,3    83,7   82,3     81,3    81,6    5,3     5,7     6,4     6,5     6,5
            Luxembourg           81,5    80      81,3   83,6    82,9     t.a     4,9     5,5     2,1     3,6
            Malaysia             67,3    51,2    39,2   79,2    82,4      4      12     27,5     5,9     2,4
            Norwegia             63,1    64     65,2    66,4    68,5     19,9   22,4     21     21,9    20,8
            Polandia             71,8    71,7   72,8    80,4     81,7    t.a     5,1     2,8     1,4     1,6
            Prancis              79,1    81,3    81,1    81,5   80,8     5,3     4,1     4,2     3,6     3,6
            Selandia Baru        63      62,5   64,3     59,9   59,2     20     21,4    19,2    24,5    22,5
            Singapura            58,2    58,9    55     52,8    55,3    32,3    31,3    33,8    40,4    39,4
            Swedia               69,6    65,3    69     69,5    68,4     17      17     19,5    16,8    17,7
            Swiss               90,6    90,6     89,4    94     92,6     9,4     8,2     8,9     2       2,6

           Keterangan: t.a = tidak ada data tersedia. Sumber: Community Innovation Survey (CIS)-Survey Responses, oECD, 2013.

        permasalahan politik yang mengganggu,  strategi reformasi administrasi  untuk  biaya administrasi pajak bahkan telah
        kemungkinan untuk mengembangkan  meningkatkan  efisiensi dan efektivitas  menjadi  salah  satu  bagian  dari  upaya
        teknologi untuk administrasi perpajakan  dalam memungut pajak. IT tidak lagi  konsolidasi fiskal.  Negara-negara dengan
                                                                                             24
        masih tergolong kecil.              dilihat hanya sebagai fungsi pendukung  administrasi pajak yang sudah modern,
           Kemauan politik di suatu  negara   (support function) tetapi menjadi bagian  cenderung berupaya untuk mengurangi
        akan berpengaruh pada prioritas     rencana strategis dalam meningkatkan  biaya adminsitrasi pajak seperti biaya
        alokasi anggaran yang akan dikeluarkan   performa otoritas pajak.  Hal tersebut  gaji  pegawai  dan  lebih  mengalokasikan
        pemerintah di  negara  tersebut,  tidak   dibuktikan dengan semakin banyaknya  anggaran  untuk  pengembangan  IT
        terkecuali alokasi anggaran  untuk   administrasi  pajak di berbagai negara   maupun pengembangan lainnya. Dalam
        pengembangan IT.  Hal  tersebut dapat   yang telah melakukan investasi dalam  hal ini, negara yang mengeluarkan
        dilihat dari seberapa besar persentase   jumlah besar untuk  pengembangan  anggaran  besar  untuk  gaji  pegawai
        anggaran IT yang dialokasikan dari   IT  dan  menjadikannya sebagai  suatu  cenderung mengeluarkan anggaran yang
        jumlah  total  anggaran  administrasi   rencana strategis dalam mencapai  kecil untuk IT. Hal tersebut dapat dilihat
        pajak.                              target penerimaan dan memberikan  dalam Tabel 1.
                                            pelayanan yang baik bagi WP. 23       Jumlah    persentase   anggaran
        Pengembangan IT dan                    Otoritas pajak di setiap negara terus  gaji  pegawai  sangat bervariasi di
        Peningkatan Performa                berupaya untuk melakukan efisiensi  setiap negara, namun persentasenya
        Administrasi Pajak                  dengan   meminimalkan   biaya-biaya  berkisar  antara 50% sampai dengan
                                            administratif dalam proses pemungutan  di atas 90% dari total seluruh biaya
           Administrasi pajak modern melihat  pajak kepada masyarakat. Minimalisasi
        IT sebagai  bagian penting dari
                                                                                24. OECD, Tax Administration-Comparative Information
                                                                                on OECD and Other Advanced and Emerging Economies,
                                            23. Ministry of Finance of India, Op.Cit, 347.  (Paris: OECD Publishing, 2013), 170.
       10  InsideTax | Edisi 27 | Januari 2015
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15