Page 9 - InsideTax Edisi 30th (Menyasar Pajak Orang Kaya)
P. 9

insideheadline


        menjadi sarana bagi administrasi pajak
        dalam  mengimbangi  tingkat keahlian              Tabel 2 – Unit Khusus HWI di Beberapa Negara
        dan pengetahuan para penasihat HWI
        (financial  adviser). Terakhir, menjadi                                        Pihak yang Ditangani
        suatu   konsentrasi  khusus  untuk                Estimasi                                      Entitas
        mengembangkan kemampuan dan            Negara     Populasi     Tahun                             Yang
        pengetahuan administrasi pajak dalam             HNWI/HII    Pendirian    HNWI        HII      Dikontrol
                                                           (HWI)
                                                                0
        memahami perkembangan populasi                                                                 HNWI/HII
        HWI dari waktu ke waktu. 13          Afrika
           Berdasarkan Tabel 2, dapat dilihat   Selatan    1000       2006          X          X          X
        bahwa  pilihan  untuk mengelola  HWI   Australia   1300
        dalam struktur administrasi perpajakan             (HNWI)      1996         X                     X
        memiliki berbagai variasi. Variasi yang           1700 (HI)    2007                    X
        dimaksud  adalah apakah HWI dan
        entitas yang terkait dengannya dikelola   Belanda    *        2008          X
        secara terpisah atau atau dikelola   Inggris       5000 1     2009          X
        dengan suatu manajemen tunggal.                   60000  2     2002                    X
           Berbeda dengan praktik tradisional   Irlandia    430        2003         X                     X 3
        yang berlaku, di mana WP orang       Jepang          *         2001         X          X          X
        pribadi  dan   badan   diperlakukan  Kanada         550
        sebagai  WP  yang  terpisah,  otoritas             (HNWI)     2006          X                     X
        pajak di Australia (ATO) melalui
        taskforce HWI memperlakukan  HWI                    (HII)      2007                    X
        dan  entitasnya  (badan/perusahaan)   Meksiko 4      *           *          *          *           *
        sebagai  suatu kasus tunggal  atau   Perancis     10000        1983         X          X          X
        dikelola secara tunggal.  Pola yang   Selandia                2002-
                              14
        sama juga  diterapkan  oleh  sejumlah   Baru        100       2006 5        X                     X
        negara seperti Afrika Selatan, Irlandia,
        Jepang,   Kanada,   Perancis,  dan   Sumber: OECD, Engaging with High Net Worth Indviduals on Tax Compliance (Paris: OECD Publishing, 2009), 56.
        Selandia Baru. Sedangkan beberapa    Catatan: Dalam laporan OECD ini digunakan istilah HNWI (High Net Worth Individual) dan HII (High Income Individual),
                                             masing-masing mengarah pada WP dengan kekayaan tinggi dan WP dengan pendapatan tinggi, hal tersebut berkaitan dengan
        negara seperti Belanda, Inggris, dan   kriteria penentuan WP kaya yang berbeda, namun dalam tulisan ini penulis menggunakan istilah HWI (High Wealth Individual)
                                             yang digunakan secara umum. *Data tidak tersedia; (0) Kriteria HNWI dan HWI berbeda-beda setiap negara; (1) Individu yang
        termasuk Indonesia masih menerapkan   ditangani oleh Unit HNWI; (2) Individu yang ditangani oleh tim ekspatriat; (3) Semua entitas terkait investasi, kecuali perusahaan
        metode tradisional dengan melakukan   dagang; (4) Tidak ada kriteria penentuan HNWI/HII, unit hanya mengawasi publik figur tertentu (politisi, artis, atlet); (5) Ada tim
                                             asistensi yang dikembangkan di 2006 untuk individu dengan risiko rendah.
        pengawasan HWI  dan entitas secara
        terpisah.
           Metode  pengawasan  HWI dan      tingkat risiko tidak hanya membutuhkan  bukan dikontrol oleh HWI. Setelah
        entitas  yang  belum terintegrasi,   data  keuangan  mengenai  individu  unit khusus HWI didirikan, pada tahun
        artinya dikelola  dan diawasi  secara   HWI saja, melainkan juga data entitas  1996 perusahaan yang dikontrol HWI
        terpisah ternyata memiliki  beberapa   terkait. Penilaian tingkat risiko tersebut  tersebut membayar pajak  23%  lebih
        kekurangan. Pertama, otoritas pajak   penting bagi   otoritas pajak dalam  besar dari perusahaan yang tidak
        tidak dapat memperoleh gambaran     membangun strategi untuk mengatasi  dikontrol HWI dan 20% lebih besar
                                                                                                 16
        yang  lengkap  tentang  performa  HWI,   praktik perencanaan pajak agresif HWI  pada  tahun 1997.  Australia  telah
                                                                         15
        misalnya performa keuangan individu   yang sering melibatkan entitasnya.  menunjukkan bahwa  task  force  HWI
        HWI       menunjukkan   penurunan,     Mengambil contoh Australia, dengan   yang didirikannya  dapat memberikan
        sedangkan performa keuangan entitas  menerapkan metode terintegrasi antara   efek positif bagi penerimaan pajak.
        yang  dikendalikan oleh  HWI  tersebut  HWI dan entitasnya yang  dikelola   Selain itu, di beberapa negara yang
        menunjukkan sebaliknya.             dalam   satu  manajemen    khusus,  telah menerapkan unit khusus yang

           Kedua,   sebagai konsekuensinya,   nampaknya  memberikan   dampak    didedikasikan  untuk  menangani HWI,
        otoritas  pajak    tersebut  tidak  yang  signifikan  bagi  penerimaan  diketahui  tidak ada  kriteria  umum
        memperoleh data HWI secara akurat   pajak. Pada tahun 1994 dan 1995,  diantara negara-negara tersebut dalam
        untuk menilai tingkat risiko  masing-  perusahaan swasta yang dikontrol  menetapkan HWI. Namun, berdasarkan
        masing individu. Dalam hal ini, menilai   oleh  HWI membayar  pajak  17%  identifikasi, setidaknya ada  kriteria
                                            (1994) dan 12% (1995)  lebih kecil  utama yang menjadi pedoman,  yaitu
                                            dibandingkan dengan perusahan yang  berupa batasan pendapatan/kekayaan
        13. OECD, Op.Cit., 53-54.                                               dan   kriteria  yang  menunjukkan
        14. John Braithwaite, Yvonne Pittelkow dan Robert
        Williams, “Tax  Compliance by the  Very  Wealthy: Red   15. John Braithwaite, “Through The Eyes of the adviser:
        Flags of Risk,” dalam Taxing Democracy: Understanding   A Fresh Look at High Wealth Individual”, dalam Taxing
        Tax  Avoidance  and  Evasion,  (Aldershot: Ashgat   Democracy:  Understanding Tax Avoidance and Evasion,   16. John Braithwaite, Yvonne Pittelkow and Robert
        Publishing, 2003), 205.             (Aldershot: Ashgat Publishing, 2003), 245-246.  Williams, Op,Cit., 205-206.
                                                                                          InsideTax | Edisi 30 | April 2015 9
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14