Page 10 - InsideTax Edisi 33rd (Mengapa Harus E-Faktur?)
P. 10

insideheadline


        intensitas  tertinggi.  Oleh  karena  terjadi pada tahun 2013 adalah kasus  untuk tujuan memperbaiki administrasi
        itu, dalam pembahasan ini penulis  terkait penyalahgunaan  faktur pajak  perpajakannya, salah satunya adalah
        akan fokus kepada penyalahgunaan  yaitu sebanyak 20 kasus dalam kurun  untuk mendeteksi adanya kecurangan
        faktur pajak yang umumnya terjadi di  waktu satu tahun, yaitu tindak pidana  dalam  pembuatan  faktur  pajak
        berbagai negara. Penyalahgunaan yang  penyalahgunaan faktur pajak yang  (fraudulent VAT invoices). Faktur pajak
        seringkali terjadi diantaranya WP non  dilaporkan tidak berdasarkan transaksi  elektronik dapat dikatakan menjadi
        PKP menerbitkan faktur pajak padahal  yang sebenarnya (faktur pajak fiktif).   strategi otoritas pajak untuk dapat
        tidak berhak menerbitkan faktur pajak,   Untuk menghindari penyalahgunaan   melakukan sentralisasi data yang pada
        faktur pajak yang terlambat diterbitkan,   inilah Ditjen Pajak mengeluarkan   akhirnya dapat  mencegah  sekaligus
        faktur pajak fiktif,  atau faktur pajak   inovasi berupa aplikasi e-faktur. Selain   mendeteksi adanya  kecurangan atau
        ganda.                              itu, aplikasi e-faktur ini dapat berperan   penyalahgunaan faktur  pajak, seperti
                                            untuk mengurangi beban administrasi   yang telah diterapkan oleh otoritas
        Faktur Pajak Elektronik             yang  begitu besar bagi  pihak Ditjen   pajak di Chili dan Korea Selatan. 18
        Sebagai Upaya Pencegahan            Pajak. 13                             Berdasarkan   Tabel  2,   dapat
        dan Penanggulangan                     Saat ini semakin banyak dokumen-  diketahui  pula bahwa  sebagian besar
        Penyalahgunaan Faktur Pajak         dokumen komersial  dan non-komersial   negara telah menggunakan faktur pajak
                                                                                elektronik, meskipun masih ada yang
           Masing-masing  negara  memiliki   yang dibagikan maupun  disimpan    bersifat opsional. Dari 72 negara yang
        intensitas  dan jenis penyalahgunaan   secara elektronik. Hal ini seiring dengan   menggunakan faktur pajak elektronik,
        PPN yang berbeda-beda sesuai dengan   semakin berkembangnya penggunaan   terdapat 5 negara yang bersifat wajib,
        aturan PPN  yang  diberlakukan di   internet, aplikasi telepon genggam   65 negara bersifat opsional, dan 2
        negara masing-masing.  Maraknya     (smartphone), dan komputasi awan    negara bersifat wajib dan opsional
                              9
                                                             14
        penyalahgunaan     faktur   pajak,  (cloud computing).  Oleh karena itu   berdasarkan  keadaan tertentu, serta
        mengindikasikan sistem administrasi   tidak mengherankan jika  kebijakan   terdapat pula  14  negara  yang  tidak
        yang belum cukup kuat dalam negara   semacam ini bahkan diperkirakan akan   menerapkan  atau  memberlakukan
        tersebut.  Diperkirakan  dari  hasil  menjadi tren di masa mendatang dan   faktur pajak  elektronik. Sementara
        penyidikan Ditjen Pajak,  sepanjang   kebanyakan otoritas pajak di berbagai   itu, seluruh negara anggota Uni Eropa
        2008-2013 terdapat seratus kasus    negara pun mendukung adanya faktur   yang berjumlah 28 negara telah
        faktur pajak fiktif yang merugikan negara   pajak dan pengarsipan dokumen secara   membolehkan WP untuk menggunakan
        sekitar Rp 1,5 triliun. Dapat dikatakan,   elektronik  (electronic invoicing and   sistem faktur pajak elektronik  sejak 1
                                                     15
        sebanyak separuh dari keseluruhan   archiving).                         Januari 2013, sesuai dengan adanya
        jumlah  kasus pengemplangan pajak      Lebih lanjut, faktur pajak elektronik   EU Invoicing Directive. 19
        bermodus    laporan  faktur  pajak  bahkan disebut  sebagai salah satu
        fiktif.   Namun demikian,  hal  tersebut  bentuk  strategi untuk  menerapkan   E-faktur  dihadirkan  dalam
            10
        sebenarnya dapat dihindari jika otoritas  pendekatan  sentralisasi  data  rangka  menyederhanakan     dan
        pajak dapat mendeteksi kemungkinan  (centralized  data  approach) dalam   mengharmonisasi prosedur penerbitan
        terjadinya  penyalahgunaan   sejak  membangun lingkungan kepatuhan      faktur pajak yang sebelumnya dilakukan
                                                                                                               20
        awal. Deteksi  dini tersebut dapat  pajak di masa depan (the future     secara manual dalam bentuk kertas.
        dimulai dari kontrol yang ketat dalam  tax  compliance  environment).    Selain untuk  mendeteksi  kecurangan
                                                                            16
        mekanisme PPN termasuk pendaftaran  Sentralisasi  data ini dalam artian   dan penyalahgunaan faktur pajak,
        PKP. Dengan melakukan pendaftaran  bahwa otoritas pajak dengan sendirinya   e-faktur juga  dijadikan  sarana  untuk
        bagi PKP, otoritas pajak dapat  (secara otomatis) dapat  memperoleh     mengurangi beban administrasi dalam
        mengumpulkan  data PKP di yang  sebanyak mungkin data mengenai          pemungutan PPN (cost of invoicing).
        kemudian disertai dengan timbulnya  transaksi  bisnis yang berasal dari   Misal,  di  Belgia  satu kertas  faktur
        kewajiban penyampaian SPT dan pada  sumber  informasi tertentu. Dalam   pajak dapat  menghabiskan biaya  4
        saat yang bersamaan akan terutang  pendekatan ini, kepatuhan pajak      euro, sedangkan dengan e-faktur hanya
        PPN.                                melibatkan kehadiran sistem IT dan   perlu mengeluarkan 1  euro,  sehingga
             11
                                                                                terdapat potensial penghematan sekitar
           Selain  pendaftaran  bagi  PKP,  peran serta WP dalam prosesnya. 17  3  miliar  Euro  untuk 1  miliar  faktur
        penerbitan  faktur  (invoice)  juga    Otoritas  pajak di berbagai negara   pajak  yang  diterbitkan  setiap tahun
        merupakan suatu kontrol krusial  yang  telah  menerapkan pendekatan ini   oleh pelaku transaksi bisnis di Belgia.
                                                                                                               21
        harus diterapkan untuk menanggulangi
        penyalahgunaan PPN.  Dari Tabel 1
                            12
        dapat dilihat kasus yang paling banyak   13. Presentasi Sosialisasi E-Faktur, 2014. DitjenPajak  18. Ibid., 26.
                                            14. Ernst & Young, “VAT/GST Electronic Filing and Data   19. European Union, Council Directive 2010/45/EU on
                                            Extraction,” EY Global Survey, (2014): 6. Lihat http://  the Common System of Value Added Tax as Regards the
                                            bit.ly/1HuCexZ.                     Rules on Invoicing. Lihat http://bit.ly/1UrJ2Wq.
        9. Ibid., 315                       15. Ibid., 6.                       20. Ine Lejeune, Wim de Clercq, dan Mathieu Van De
        10.  “Ditjen Pajak  Fokus Tangani  Pelaku Bisnis Faktur   16. OECD, “Tax Compliance by Design: Achieving   Putte, “Compliance Costs and Cost of Collection,” dalam
        Pajak Fiktif,”  Ditjen Pajak,  http://bit.ly/1M9j2MJ,   Improved SME Tax Compliance by Adopting A System   Improving VAT/GST, Designing a Simple Fraud Proof
        (diakses 28 Juli 2015).             Perspective,”  OECD Publishing, (2014): 35. Lihat   tax  Sytem,  ed.  Michael  Lang  dan  Ine Lejeune.  (The
        11. Alan A. Tait, Op.Cit., 270.     http://bit.ly/1eWmVY5.              Netherlands: IBFD, 2014), 660.
        12. Ibid., 279.                     17. Ibid., 35.                      21. Ibid., 662.
       10  InsideTax | Edisi 33 | Juli - Agustus 2015
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15