Page 15 - InsideTax Edisi 38th (Aksi BEPS: Menangkal Penggerusan Basis Pajak)
P. 15

insideheadline


        bentuk anak perusahaan atau cabang.  domestik      telah      melebihi  dengan tujuan mengikis basis pajak yang
        Apabila  operating  aset  dimiliki anak  persentase  yang   ditentukan.  seharusnya  terutang.  Namun  demikian,
        perusahaan atau induk perusahaan  di  Ketentuan  anti-abuse  pada  tax  treaty  negara  berkembang  akan  cenderung
        luar negeri,  maka  negara  mempunyai  dapat  digunakan  untuk  melindungi  lebih rentan mengalami pengikisan basis
        hak untuk  mengenakan pajak  atas  hak    pemajakan   negara   sumber  pajak  karena  kebutuhannya  terhadap
        capital  gains  yang  diperoleh  baik  atas  capital  gains  yang  berasal  dari  investasi asing lebih besar dibandingkan
        berdasarkan   ketentuan   domestik  penjualan  saham  perusahaan  asing   dengan negara-negara maju.
        maupun  tax treaty. Dalam praktiknya  atau domestik.                      Masalah   utama   yang  dihadapi
        apabila  terjadi penjualan aset secara                                  negara-negara  berkembang  adalah
        langsung,  misalnya seperti ketika  Services                            bagaimana merancang dan mengelola
        investor asing  hendak menjual saham       Penggunaan pembayaran jasa untuk  insentif pajak untuk investasi asing
        anak perusahaan domestik atau saham   mengikis  basis  pajak  dari  negara-  dalam  rangka  memaksimalkan
        yang  dimiliki oleh  anak perusahaan   negara   berkembang   merupakan  efektivitas mereka.
        asing yang memiliki cabang usaha di   permasalahan   yang   melibatkan
        suatu negara, maka dapat menimbulkan   beberapa jenis jasa dan ketentuan  Transfer pricing
        penghindaran pajak di negara sumber.   baik hukum domestik maupun  tax
        Hal ini dapat terjadi karena peraturan   treaty. Ketentuan hukum domestik di   Seperti  yang  telah  dijelaskan
        domestik tidak memiliki ketentuan   negara-negara   berkembang   akan   sebelumnya,  transfer  pricing  telah
        khusus yang  dapat  mengakomodasi   memengaruhi pendapatan dari jasa    dibahas   secara  khusus    dalam
                                                                                             Manual
                                                                                                          Transfer
        ketentuan capital gains tersebut.  34  yang  bervariasi.  Beberapa  negara  UN  Practical  Developing on  Countries.
                                                                                Pricing
                                                                                        for
           Terdapat banyak peraturan yang  memberlakukan       pajak     atas   Hal ini dikarenakan transfer pricing
        membatasi hak  negara  sumber untuk  semua    layanan   bisnis   yang   merupakan suatu komponen penting
        memajaki capital gains atas penjualan  disediakan oleh non-residents  atau  dan dibutuhkan penjelasan yang lebih
        saham perusahaan di mana aset tersebut  resident  di suatu negara.  Negara  mendetail.  Panduan  UN  mengenai
        berada atau harta tidak bergerak yang  lain  mengenakan  pajak  hanya   transfer  pricing  tersebut  berisikan
        ada di negara sumber. Pasal 13 (5) dari  jika  seorang  non-residen  memiliki   mengenai  respons  terhadap  kebutuhan
        UN Model Convention  menyebutkan  PE       tetap     di     negaranya.  serta  menjelaskan  kebijakan  dan  aspek
        bahwa    negara   sumber    berhak  Beberapa    negara    mengenakan    administrasi pajak dalam menerapkan
        memajaki capital gains yang diperoleh  pajak  atas  penghasilan  dari  jasa   transfer  pricing  pada  transaksi
        perusahaan    apabila   persentase  dengan   cara   pemotongan  pajak   yang  dilakukan  oleh  perusahaan
        kepemilikan   saham     perusahaan  berbasis  nilai  gross      akhir,  multinasional.
                                            sementara  beberapa   negara  lain
                                            mengenakan berdasarkan nilai neto.    Beberapa  kesimpulan  penting  yang
        34. Ibid.                                                               didapat  dari  UN  Practical  Manual    on
                                              Terdapat beberapa hal yang perlu  Transfer   Pricing   for   Developing
                                            diperhatikan               negara   Countries  antara lain: konsisten dengan
                                            berkembang      di      antaranya,  arm’s  length  principle,  berpedoman
                                  negara    harus           mempertimbangkan    pada  ide  mendasar  dalam  penerapan
                                   secara   hati-    hati  terkait dengan jenis jasa  arm’s length yang fleksibel, memberikan
                                            yang dikenakan pajak. Negara juga   penjelasan  yang  terbatas  atas  transaksi
                                            harus       berhati-hati    dalam   tertentu  (jasa,  pinjaman,  aset  tidak
                                            mempertimbangkan     tarif   pajak   berwujud,  CCA,    dan  restrukturisasi
                                            withholding yang digunakan. Selain itu  bisnis),  fokus  pada    peningkatan
                                            penting   juga   untuk    memiliki  kapasitas   dan   administrasi   pajak,
                                            mekanisme            pengumpulan    menggunakan  pertimbangan  yang  tinggi
                                            informasi   untuk  mengidentifikasi  dalam  menentukan  beban  administrasi,
                                            kapan   dan   di mana jasa akan     lebih  menekankan  pada  hal-hal  yang
                                            dilakukan,    juga     mekanisme    bersifat  practical  dan  membuat  banyak
                                            pengumpulan pajak yang tepat. 35    penjelasan  melalui  ilustrasi,  dan  lebih
                                                                                berfokus pada isu- isu transfer pricing di
                                            Tax incentives                      negara-negara berkembang. 36
                                               Insentif pajak secara luas digunakan
                                            oleh      negara       berkembang   Reaksi Negara-Negara Terhadap
                                            maupun     negara   maju    untuk   BEPS
                                            menarik investasi asing.  Perusahaan   Menanggapi isu BEPS, beberapa
                                            multinasional   dianggap     telah
                                            memanfaatkan insentif pajak tertentu  36. Berdasarkan analisis DANNY DARUSSALAM TAX
                                                                                Center 2014. Lihat Darussalam, Danny Septriadi, dan
                                                                                B. Bawono Kristiaji, Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan
                                            35. Brian J. Arnold, “Taxation of income from services,”   Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional,
                                            dalam Alexander Trepelkov, Harry Tonino dan Dominika   Edisi Revisi (Jakarta: DANNY DARUSSALAM Tax Center,
                                            Halka, (New York: United Nation, 2015), 83.  2016).
                                                                                           InsideTax | Edisi 38 | Mei 2016 15
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20